5 Tips Membersihkan WC Duduk dengan Sigap (Harus Coba)

Membersihkan closet sebaiknya dilakukan dengan benar. Closet yang terlihat kotor seringkali memang membuat kita menjadi enggan dan malas untuk menggunakannya.

Selain karena alasan tersebut, closet yang kotor juga berdampak pada kesehatan diri. Closet yang kotor dapat menjadi sarang kuman dan penyakit yang mungkin bisa menganggu kondisi kesehatan seseorang.

Oleh karena fungsinya yang cukup vital, tentu menjadi hal yang wajib apabila setiap orang perlu mengetahui cara membersihkan wc duduk.

Kebersihan Toilet

cara membersihkan wc duduk
Image Source: rd.com

Menjaga kebersihan toilet sebenarnya menjadi kewajiban setiap penghuni rumah. Selain karena digunakan oleh semua anggota keluarga, membersihkan toilet sebenarnya cukup mudah.

Untuk bisa memiliki toilet yang bersih, sebetulnya dapat dilakukan dengan cara pencegahan agar toilet tidak kotor. Pencegahan tersebut membutuhkan kepedulian dan perhatian setiap penghuni rumah untuk senantiasa menjaga kebersihan toilet setelah menggunakannya. Apabila anda berniat melakukan pembersihan toilet, tentu anda perlu mengetahui beberapa cara membersihkan wc duduk. Beberapa cara tersebut meliputi:

Penyikatan Setiap Selesai Pemakaian

cara membersihkan wc duduk
Image Source: alfacart.com

Apabila melihat fakta yang ada, cara yang pertama ini seringkali dianggap remeh. Namun apabila anda menginginkan toilet atau closet yang bersih, cara yang pertama ini tidak bisa anda lewatkan begitu saja.

Lakukan penyikatan di seluruh bagian closet setelah anda menggunakannya. Melakukan penyikatan setelah selesai pemakaian dapat membantu untuk menghindari kuman dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang nanti dapat menumpuk apabila dibiarkan.

  • Pembersihan dengan Cairan Pembersih Toilet

Lakukan pembersihan closet dengan menggunakan cairan pembersih minimal 3 hari sekali. Tuangkan pembersih closet ini pada keseluruhan bagian closet.

Diamkan beberapa saat agar sisa kotoran yang ada dapat terangkat sempurna. Kemudian, lakukan penyikatan secara menyeluruh menggunakan air agar sisa kotoran terbawa oleh air.

  • Menggunakan Cairan Cuka

Cuka adalah salah satu cairan yang sering digunakan untuk membersihkan berbagai benda di sekitar kita. Cairan ini dipercaya dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang membandel.

Anda bisa coba mengaplikasikan cairan cuka ini untuk membersihkan closet di rumah anda. Cara yang dilakukan yaitu dengan menuangkan cairan cuka ke seluruh bagan closet, dan tunggu beberapa saat.

Setelah cairan cuka ini berinteraksi dan mengangkat sisa kotoran pada closet, siram dengan menggunakan air.

  • Menggunakan Perasan Lemon

Sama dengan penggunaan cairan cuka, perasaan lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan closet. Siramkan perasaan lemon pada bagian closet, dan kemudian bilas menggunakan air bersih.

  • Menggunakan Kaporit

Penggunaan kaporit untuk membersihkan closet yang kotor adalah langkah sangat yang efektif.

Cara membersihkan wc dudukmaupun toiletsebenarnya menjadi tanggung jawab setiap penghuni rumah. Apabila keluarga anda ingin terhindar dari penyakit, pastikan anda benar-benar menanamkan nilai kepada anak anda untuk senantiasamenjaga kebersihan toilet.

Jangan lupa untuk rutin menguras bak mandi. Dan bagi kalian yang ingin membangun toilet, pastikan anda benar-benar memperhatikan ukuran dan letak ruang toilet tersebut. Toilet yang baik sebenarnya memiliki ukuran yang tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas.

Cukup bersih dan tidak berbau merupakan indikasi di mana toilet dapat dikatakan dalam kondisi baik atau buruk. Untuk lokasi pembuatan ruang toilet, usahakan berjarak dengan ruang dapur atau ruang makan.

Dan untuk warna catnya, usahakan anda memilih warna cat dinding yang cukup terang. Memilih warna-warna yang gelap dapat memicu serangga seperti lalat, kecoa, dan nyamuk untuk bersarang di ruang toilet.

Leave a Comment