4 Tempat Makan di Bali yang Cocok Buat Traveler Muslim (Halalan Thayyiban)

Kuliner Bali – Berlibur ke mana saja, kurang lengkap jika tidak menyantap kuliner khas daerah setempat. Namun, menjadi kesulitan tersendiri bagi wisatawan muslim ketika berkunjung ke daerah yang mayoritas non muslim, seperti Bali. Beberapa kuliner Bali menawarkan makanan mengandung babi, sehingga menemukan makanan halal adalah sebuah tantangan, apalagi baru pulang piknik dari Bali Swing, pasti lapernya ngga ketulungan dan mencari yang halal jadi serba sulit.

Oleh sebab itu, kamu perlu membaca rekomendasi tempat wisata kuliner halal di Bali yang dilansir dari beberapa sumber berikut.

Kuliner Bali Halal

kuliner khas bali
Image Source: pinterest.com

Nasi Telor tergolong kuliner Bali yang unik, bentuknya berupa nasi yang disajikan dalam tekor atau pincuk dari daun pisang dilengkapi beberapa lauk khas bali. Sajian lauk pelengkap antara lain ayam serapah, lawar biu batu, ayam panggang, dan sambal.

Nasi Telor khas Bali bisa Anda dapatkan Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur, tidak jauh dari Patung Titi Banda yang merupakan patung selamat datang ke Bali. Harga satu porsi nasi terjangkau, antara Rp10.000,00 hingga Rp 20.000,00 saja.

Tak hanya makanannya yang tradisional, dekorasi rumah makan juga penuh dengan nuansa tradisional dan tempo dulu. Pemilik warung nasi ini adalah pasangan kakek nenek yaitu Pande Made Darta dan istrinya. Warung buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB sore.

Kuliner Khas Bali

kuliner bali
ladyronchef.com

 

Apabila sedang berada di Ubud, makanan halal yang cukup terkenal di sini adalah Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangkuyang sudah beroperasi sejak tahun 1964. Bertempat di sebuah pendopo rumah khas Bali dengan pekarangan luas, rumah makan ini menawarkan santap pagi hingga sore sambil dengan nuansa tradisional.

Menu andalan di sini yaitu nasi ayam lengkap dengan sate lilit, ayam sisit, ayam goreng, hati dan ampela goreng, sayuran lawar, telur, dan sambal pedas. Harga seporsi nasi ayam dibanderol mulai Rp25.000,00. Berlokasi di Jalan Raya Kedewatan No. 18, Ubud tempat ini buka setiap hari pukul 08.30 hingga pukul 19.00 WIB malam.

Kuliner Bali 2019

kuliner bali 2019
thiswaytoparadise.com

Bebek Bengil adalah restoran pertama yang menyajikan bebek goreng renyah di Bali. Bebek Bengil memiliki tempat di Ubud, Jimbaran, Tuban Kuta, dan Nusa Dua. Bebek Bengil menawarkan menu nasi campur dan bebek sambal ijo, selain bebek goreng renyah.

Bebek goreng disajikan dengan nasi putih bersama lawar dan sambal matah. Boleh juga memilih dengan salad dan kentang tumis.

Menggunakan bebek lokal dari Ubud, pengolahannya pun istimewa, daging bebek direbus 3-4 jam setelah direndam selama 12 jam dengan bumbu lalu digoreng kering. Hasilnya bebek empuk hingga ke tulang-tulang kecilnya.

Salah satu outlet Bebek Bengil di Ubud, beralamat di Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Kabupaten Gianyar. Semua outlet Bebek Bengil buka dari jam 10.00 hingga 22.30 WIB malam setiap hari. Harga bebek bengil goreng mulai Rp125.000,00 per porsi sementara nasi campur Rp 75.000,00 per porsi.

Nasi Jinggo Tutu: Wisata Kuliner Bali Halal dan Enak

wisata kuliner bali halal
instagram.com

Nasi jinggo pada umumnya berupa nasi berukuran sekepalan tangan, ditambah lauk ayam suwir, tempe goreng, mi goreng, dan sambal dibungkus daun pisang. Namun, Nasi Jinggo Tutu tidak demikian. Nasi dihidangkan tanpa bungkus daun pisang melainkan piring seperti nasi campur biasa.

Warung Nasi Jinggo Tutu berada di Jalan Tantular No. 18 Renon, Denpasar. Nasi jinggo di sini istimewa karena dipadukan dengan ayam betutu. Selain itu ada juga pilihan lauk yang lain khas Bali dan Jawa.

Nasi pun tersedia dalam dua pilihan yaitu nasi putih dan nasi kuning. Nasi Jinggo Tutu berada di Jalan Raya Kuta No.108 X, Kuta. Beroperasi mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

Itulah ulasan tentang tempat wisata kuliner Bali yang halal. Semoga dapat menjadi panduan bagi Anda yang berencana liburan ke Bali.

 

Leave a Comment