Manfaat Jamban Sehat yang Perlu Diketahui

Kesehatan merupakan sesuatu yang paling penting untuk dijaga, karena jika kita tidak sehat maka akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan salah satunya adalah kebersihan jamban.

Jamban atau tempat yang memiliki fasilitas untuk pembuangan kotoran/tinja merupakan salah satu faktor penyebab penularan penyakit karena berkaitan dengan transmisi penyakit dari tinja.

Jamban Sehat

jamban sehat

Contoh-contoh penyakit yang diakibatkan jamban yang buruk yaitu seperti kholera, polio dan hepatitis A. Proses penularan penyakit tersebut dapat terjadi melalui perantara seperti air,tanah, makanan atau serangga.

Terlebih lagi masyarakat pedesaan yang sebagian besar masih membuang kotorannya tidak pada tempatnya ini akan berdampak serius pada pencemaran air, tanah dan udara terlebih lagi hal tersebut dapat mencemari atau menurunkan kualitas air minum rumah tangga.

Sebagai masyarakat hendaknya kita harus paham manfaat jamban sehat dan bagaimana kriteria jamban yang baik serta pemeliharaannya. Syarat jamban sehat diantaranya seperti jamban tidak mencemari sumber air, tidak mencemari tanah disekitarnya, tidak berbau, tidak dapat dijangkau oleh serangga, mudah dibersihkan, penerangan yang cukup, lantai kedap air, ventilasi yang baik dan dilengkapi dinding dan atap pelindung.

Sementara prosedur untuk memelihara jamban yang sehat sebaiknya lantai jamban bersih dan kering, tidak ada serangga, tidak ada genangan air di sekitar jamban, tidak ada sampah berserakan dan tersedia alat pembersih.

Jika jamban kita sehat maka akan berdampak baik bagi kita maupun lingkungan disekitar kita. Beberapa manfaat jamban sehat adalah

  1. Mencegah penularan penyakit. Penyakit seperti kholera, diare, hepatitis A, tifus dan lain sebagainya seperti yang telah dijelaskan diatas merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui tinja, dengan jamban sehat maka akan sedikit kemungkinan untuk tertularnya penyakit. Karena dengan adanya jamban sehat akan memutus rantai penularan penyakit melalui media air dan makanan dengan cara sanitasi barier
  2. Mencegah pencemaran air dan lingkungan. Dengan adanya jamban sehat maka air bersih akan terlindungi dari pencemaran tinja, tidak adanya pencemaran air seperti sungai yang menjadi sumber air minum rumah tangga pun akan bersih dan terhindar dari bakteri. Selain itu keadaan tanah dan lingkungan pun akan terhindar dari bau dan pemandangan tidak sedap
  3. Terlindungi dari berkembangnya serangga. Serangga merupakan perantara dari tertularnya penyakit. Kebanyakan serangga menempatkan telunya pada tinja karena bahan-bahan yang terdapat pada tinja merupakan makanan dari serangga. Selain itu dengan iklim yang tropis penularan penyakit melalui serangga pun akan semakin tinggi. Contoh serangga yang sering menjadi medium penyebaran penyakit antara lain adalah lalat dan kecoa. Dengan adanya jamban sehat maka mencegah pencemaran tanah, kontak dengan manusia dan air yang akan menurunkan kedatangan serangga.

Leave a Comment