Mengenal dan Memahami Pengertian Jamban Sehat

Secara umum, jamban adalah tempat di mana manusia membuang kotoran. Menjadi salah satu tempat yang cukup vital, jamban harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya baik terhadap manusia, lingkungan, maupun alam.

Tidak bisa dipungkiri, selama ini kita sering melupakan pentingnya jamban sehat. Apabila ditinjau lebih jauh, konsep jamban itu sebenarnya tidak memerlukan biaya mahal, sederhana, aman, nyaman, serta tidak mengotori manusia, lingkungan, dan alam.

Pengertian Jamban Sehat Menurut WHO

pengertian jamban sehat
Image Source: ytimg.com

Setelah mengetahui pengertian jamban sehat, berikutnya anda juga perlu tahu apabila jamban berkaitan dengan kesehatan seseorang. Diketahui, penyakit diare di Indonesia merupakan penyakit dengan angka kesakitan dan kematian bayi dan balita terbesar.

Penyakit Diare

penyakit diare
Image Source: skanaa.com

Penyakit diare sendiri disebabkan oleh bakteri yang terkandung di dalam kotoran manusia. Bagaimana bakteri tersebut bisa menulari manusia yaitu melalui pola kebiasaan manusia yang salah.

Pola kebiasaan tersebut dapat berupa tidak mencuci tangan menggunakan sabun setelah selesai buang air besar. Berikutnya karena konsep jamban yang tidak sehat. Konsep tersebut meliputi lubang septi tank yang terbuka, sistem limbah hamban yang salah, serta jarak jamban dengan sumur yang terlalu dekat.

Pola kebiasaan manusia saat membuang kotoran di sungai, hutan, semak-semak, laut, dan rawa juga memicu penularan bakteri pada manusia.

goeastjava.net

Dan untuk yang terakhir, penularan bakteri dapat terjadi melalui perantara binatang seperti lalat yang membawa bibit bakteri ke dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia.

Untuk bisa hidup sehat, baiknya setiap individu mengenal konsep dan pengertian jamban sehat. Dengan memiliki jamban yang sehat, maka akan membantu individu si pemakai jamban terhindari dari berbagai macam penyakit.

Ketika anda mempelajari konsep mengenai jamban sehat, ada baiknya anda juga perlu mengetahui beberapa cara memilih jenis jamban. Adapun jenis jamban tersebut seperti: jamban cemplung adalah jenis jambang yang digunakan untuk daerah yang sulit air.

Jamban tangki septik atau leher angsa, adalah jenis jamban yang digunakan untuk daerah yang cukup air dan daerah padat penduduk. Penggunaan jenis jamban ini dapat menggunakan multiple latrine (satu lubang dapat menampung kotoran dari 3-5 jamban).

Untuk daerah yang sering pasang surut, pastikan tempat penampungan kotoran atau tinjanya ditinggikan kurang lebih 60 cm dari permukaan air pasang. Sampai dengan sekarang ini, jamban menjadi suatu hal yang vital untuk diperhatikan.

Adapun tujuan dari penggunaan jamban di antaranya seperti digunakan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat dan tidak berbau; tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnya.

Selain itu, jamban juga digunakan agar tidak mengundang datangnya lalat atau serangga yang dapat menjadi penular penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat ditimbulkan dari lalat atau serangga yaitu diare, kolera disentri, thypus, kecacingan, penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit serta keracunan.

Setelah mengetahui pengertian jamban sehat beserta tujuan penggunaannya, berikutnya anda perlu mengetahui beberapa syarat untuk mendapatkan jamban yang sehat. Beberapa syarat yang dimaksud berupa:

  1. Tidak mencemari sumber air minum. Dapat dikatakan, jarak antara sumber air dengan lubang penampungan tinja minimal 10 meter.
  2. Tidak memiliki bau
  3. Kotoran tidak dapat dijamah binatang seperti serangga dan tikus.
  4. Tidak mencemari tanah di sekitarnya
  5. Jamban yang sehat adalah jamban yang mudah untuk dibersihkan dan aman ketika digunakan.
  6. Dilengkapi dengan dinding dan atap pelindung
  7. Memiliki penerangan yang cukup
  8. Serta kedap air dan memiliki luas ruangan yang cukup.

Leave a Comment